.: Review - Skincare Korea Part 2 :.

Hai pembaca,


Kali ini saya akan share produk korea apa saja yang sudah dicoba hampir selama 2 tahun lebih (Nov 2015 - Des 2017) termasuk produk yang paling cocok di skin type dry - sensitive.

Catatan ya, untuk gonta ganti produk perlu merehatkan kulit wajah selama seminggu sebelum mencoba produk baru dan selama masa rehat gunakan soothing gel untuk membantu mereset wajah (entah bingung pakai kata apa yang cocok).



Di part 1 sudah saya jelaskan ya kenapa si milih produk korea daripada brand lokal atau lainnya. Untuk wawasan saja saya akan cerita kan untuk berbagi pengalaman, sebelumnya sudah beberapa kali ganti-ganti dari produk lokal (saya gak bisa sebutkan hehe) dan sempet coba produk sampar dan sephora yg dari Prancis itu. Produk yg dicoba untuk mengempeskan jerawat / menghilangkan noda. (sorry lupa namanya gak ngefek apa2, gak ada perubahan signifikan). 



Beralih langsung coba dengan produk korea yaitu The Face Shop yang bentuk roll on (utk acne solution) beli di store yang di Kota Kasablanka. Namanya produknya Clean Face Anti Trouble Healing Spot. Ini sangat membantu mengempis jerawat dan perlahan menghilangkan noda bekas jerawat bahkan, adik saya (laki-laki) pernah iseng coba pakai ini waktu muncul jerawat di wajahnya. Really worth it. Tampilan produk seperti dibawah ini.

The Face Shop Anti Trouble Healing Spot

Next produk, saya langsung infasi besar-besaran (sorry lebay hehe ) coba berbagai produk korea. Skincare pertama dari Laneige White Plus Renew versi trial kit. Ini masih versi lama, untuk versi terbaru berubah nama jadi Laneige White Dew yang katanya formulasi lebih baik dari sebelumnya. Saya sendiri sudah tidak pakai lagi karena pada awalnya memang cocok, wajah mulai terlihat semakin cerah. Namun, di beberapa minggu berikutnya seperti berjerawat kecil dan timbul beruntus.
Jadi saya stop pakai laneige white plus renew kemudian mencari produk lain utk mengatasi trouble skin saat itu (Mohon dicatat, hasilnya pada setiap orang berbeda ya sist, ada cocok ada kurang cocok). Tampilan produk seperti dibawah ini.
Laneige White Plus Renew Trial Kit (versi lama)



Laneige White Dew Trial Kit (versi baru)
Berikutnya produk Crema Caracol Gokmul Jaminkyung Intensive Premier. Banyak manfaatnya diantaranya membantu memperbaiki luka operasi, flek hitam, memulihkan, mencerahkan dan bekas jerawat. Dalam kandungan cream ada sekresi siput yang bantu regenerasi kulit, memperbaiki masalah kulit dan mencerahkan.



Saya pakai cream ini kurang lebih 5 bulan dengan pemakaian rutin menghabiskan 2 jar cream. Kelebihannya bener sekali bisa bantu regenerasi kulit dan menghilangin noda atau flek. Saya pernah ada jerawat super besar di wajah yang setelah kering malah berbekas kaya bopeng, setelah pemakaian beberapa bulan dan baru sadar bopeng itu udah hilang (bahagiaaa) kalo dilihat dari dekat regenerasi kulit mulai memperbaiki secara perlahan. Sayangnya trouble skin belum sepenuhnya berakhir, kulit saya tidak terasa kenyal-kenyal, masih timbul beruntus dan terasa sangat kering. 


Crema Caracol Intensive Premier


Disaat bersamaan saya juga coba Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel. Ini udah banyak yang ngereview jadi kalian bisa gugling (hati-hati yang palsu banyak beredar, lebih teliti ya) Alhamdulillah saya selalu dapet yg original. Untuk Aloe ini di kulit saya cukup membantu menghidrasi, menguatkan kuku yang rapuh dan menenangkan kulit ketika sunburn tapi tidak bisa meredakan redness saya saat tiba-tiba muncul pas lagi sensitif, jadi saya berhenti pakai. Selama 8 bulan lebih dengan pemakaian rutin aloe ini saya menghabiskan sekitar 5 jar yang masing-masing berisi 300ml. Sekarang keluaran terbaru versi tube 250ml.



Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel 300ml
Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel Tube 250ml


Sekarang saya sudah tidak menggunakan aloe ini, saya lebih memilih The Face Shop Damyang Bamboo Fresh Soothing Gel yang memang diperuntukkan kulit kering. Bamboo gel juga cocok untuk kulit sensitif, saat timbul redness gel ini cukup membantu meredakan redness tersebut. Selain itu, bisa juga produk Nature Republic Cactus Soothing Gel. Kaktus gel ini sangat cocok di kulit kering dan meresap lebih cepat di kulit.

The Face Shop Damyang Bamboo Fresh Soothing Gel


Nature Republic Cactus Soothing Gel


Setelah berhenti menggunakan crema caracol, saya pindah ke rangkaian skincare :



Mamonde Rose Toner, Missha First Treatment Essence (FTE), Skinfood Yuja Water Cream dan Laneige Water Sleeping mask + Lip Mask versi trial. 


Cukup lama pakai rangkaian yang saya sebutkan itu sekitar 9 bulan lebih, hasil cukup memuaskan dan tidak khawatir ketika timbul jerawat.

Karena produk yang saya coba lumayan bervariasi maka dibawah ini akan saya rangkum jenis produk berdasarkan Cleanser - Toner - Essence / Serum - Face Cream - BB Cream - Peeling / Exfoliator - Sleeping Mask / Wash off Mask - Sheet Mask.

1. CLEANSER

Untuk cleanser sudah coba ganti-ganti dari :
  • The Face Shop Herb Day Aloe Vera : tidak cocok terlalu kering dimuka saya.
  • Nature Republic Mango Cleansing Foam : cukup recomended melembabkan kulit. 
  • Neogen Real Fresh Foam Green Tea  : Recomended Troble Skin / Sensitif.
  • Neogen Real Fresh Foam Blueberry : Recomended Dry Skin.
  • Heimish All Clean Balm : Ini bagus utk bersihin heavy makeup atau pun seharian terpapar debu dan sinar matahari. 
  • Etude House olemon Shorbet Balm : balm yang cukup ampuh bersihin wajah dengan lemon scent.
  • Natural Pacific Pink Calming Soap : cukup recommended untuk kulit sensitif.
  • Dailyskin Strawberry Milk Soap : sekarang pakai ini dan suka pake banget, cocok banget di kulit dry - sensitive dan kalo lagi ada jerawat bantu mengempeskan dan melembabkan wajah.
"Favorite Cleansing Foam adalah Neogen Real Fresh Foam.
Favorite Cleansing Balm adalah Heimish All Clean Balm. 
Favorite Cleansing Soap adalah Dailyskin Milk Strawberry Soap."
Neogen Real Fresh Foam
Heimish All Clean Balm


Dailyskin Strawberry  Milk Soap


2. TONER

Fungsi toner sudah saya jelaskan di part 1 ya sist untuk menghidrasi kulit setelah cuci muka. Produk yang sudah di coba :
  • Laneige White Plus Renew Skin Refiner : Pakai medium size selama beberapa bulan, bagus untuk whitening skin dan cukup melembabkan)
  • Laneige Power Essential Skin Refiner for Sensitive : coba versi trial nya, bagus untuk kulit sensitif tapi kurang cocok di dompet.
  • Mamonde Rose Water Toner : rose scent, ringan, lembab, menyerap dengan baik, pakai 2 botol selama 6 bulan lebih.
  • Whamisa Deep Rich Toner : toner yang aman dan alami dengan herbal scent yang khas. Bagus untuk ke kulit kering sensitif tapi sayangnya mahal di harga.
  • Benton Snail Bee High Content Skin : ringan, tapi ketika di wajah lengket dan muncul beruntus, hanya 1 botol aja, tidak repurchase.
  • Natural Pacific Fresh Herb Calendula Toner : cara pakai toner wash / di letakkan ke tangan sedikit kemudian di basuh ke wajah kalo lengket di basuh air 1 kali. Lembab diwajah, bantu memperbaiki tekstur wajah, mengurangi bruntus, recommended.
"Favorite Toner adalah Natural Pacific Fresh Herb Calendula Tincture Toner."


Natural Pacific Fresh Herb Calendula Tincture Toner

3. ESSSENCE / SERUM

Produk-produk essence / serum yang sudah dicoba yaitu :
  • Laneige White Plus Renew Essence : selama 6 bulan pakai ini di versi trial, essence ini cukup baik untuk whitening dan brightening wajah tapi gak cocok di kantong untuk fulsize nya.
  • Missha First Treatment Essence Intensive 2nd Generation : Keren banget ini bisa mencerahkan wajah dan membantu memudarkan noda bekas jerawat, saya hanya gunakan 1 botol yang versi Intensive. Review dari temen saat ini generasi ke 3 moist intensive lebih bagus, tapi saya pikir panjang untuk penasaran coba produk yang lain hehe.
  • Innisfree Green Tea Seed Serum : versi sample, tekstur watery, tapi lengket di wajah, di saya kurang cocok karena jadi terasa kering.
  • Skinfood Yuja Water C Serum : versi sample, tekstur seperti emulsion, di wajah saya gak ngefek.
  • Skinfood Yuja Water C Ampoule : versi sample, tekstur ringan, di wajah saya gak ngefek.
  • 9 Wishes Perfect Ampoule Serum - Calm : serum untuk menenangkan kulit yang sensitif tetapi terhitung mahal dan kurang ampuh meredakan redness.
  • Jill2 24 hours Urban Escape Serum : serum untuk menenangkan kulit yang lelah dan memperbaiki kulit yang sering terpapar matahari, cukup bagus tapi tidak mengatasi problem sensitif saya.
  • The Face Shop Yehwadam Serum : versi sample, tektur ringan, cepat meresap di wajah, efek terasa segar dan lembab. Sempet berpikir untuk beli fullsize nya tapi gak jadi hehe.
  • Benton Snail Bee High Content Essence : awal nya coba versi trialnya dan merasa bagus akhirnya pakai fullsize. Saat ini masih bertahan pakai essence ini, sudah habis 2 botol fullsize. Ramah di kantong, pemakaian rutin 1 botol bisa untuk 3 bulan, everytime kalo lagi kering / muncul jerawat bisa langsung dipakai. Jerawat lebih cepat kempes dan kering juga bisa meredakan redness. Lembab dan segar di wajah tahan lama ketika di blend dengan bb cream.

"Favorite Essence adalah Snail Bee High Content Essence."
Benton Snail Bee High Content Essence

4. FACE CREAM
Produk-produk face cream yang pernah di coba yaitu :
  • Laneige White Plus Renew Cream : sudah saya jelaskan di awal bacaan, kurang cocok karena beberapa bulan kemudian muncul jerawat dan beruntus.
  • Crema Caracol Gokmul Jaminkyung Intensive Premier : sudah saya jelaskan di bagian atas.
  • Skinfood Yuja Water Cream : Cream cocok diwajah saya, mencerahkan wajah, bantu menyembuhkan jerawat dan menghidrasi kulit, saya pemakaian sampai 3 jar fullsize tetapi tidak cocok dipadukan dengan snail bee essence akan menimbulkan beruntus.
  • Benton Snail Bee High Content Steam Cream : versi trial, kurang cocok, tekstur sedikit kental dan lama menyerap sehingga lengket di wajah
  • Benton Cacao Moist and Mild Cream : ringan, cepat meresap di wajah, tidak menimbulkan reaksi sensitif, dan sangat cocok dipadukan dengan snail bee essence.
  • Klairs Midnight Blue Calming Cream : versi sample, cream ini BUKAN digunakan untuk seluruh wajah tetapi spot cream. Spot cream ini sangat membantu meredakan redness, karena sifatnya spot cream jadi hanya dioles pada area yang ada redness saja.

Beberapa bahan dalam produk, ada yang tidak boleh digunakan bersamaan dalam 1 rangkaian skincare. Detail bahan nya apa saja saya lupa pernah baca di salah satu bacaan. Pengalaman pribadi, snail bee essence dan yuja water cream di gunakan bersamaan menimbulkan beruntus. Ternyata vit C yang terkandung dalam yuja cream tidak cocok dengan snail bee essence yang terdapat kandungan bee venom sifatnya peptide.
Jadi, saya berpindah ke cream yang aman dengan benton snail bee essence. Awalnya berpikir lebih aman untuk ganti cream di brand yang sama dengan kandungan yang aman.  Saya memilih Benton Cacao Moist and Mild Cream mengandung hyaluron acid. Bersyukur akhirnya beruntus pun berkurang dan kondisi wajah kembali normal.


"Favorite Cream untuk Redness adalah Klairs Midnight Blue Calming Cream 
Favorite Cream untuk Whitening adalah Skinfood Yuja Water Cream. 
Favorite Cream untuk Hydrating adalah Benton Cacao Moist and Mild Cream"


Klairs Midnight Blue Calming Cream


 Skinfood Yuja Water Cream


 Benton Cacao Moist and Mild Cream


5. BB CREAM / BB CUSHION
BB Cream fungsinya sangat membantu menyehatkan kulit ketika sedang troble skin seperti acne, bentuk ada tube atau cushion. Produk yang pernah saya pakai yaitu :
  • The Face Shop Pure CC Cream : terlalu ringan, sedikit sulit untuk di blending, semi-matte, tidak long-last.
  • April Skin Snow Magic Cushion White Version : kulit tampak glowing, cukup bertahan lama, tetap fresh setelah cuci muka, tidak kering di wajah cocok untuk kulit kering. 
  • Labiotte Healthy Blossom Sun BB : Suka banget sama BB cream Labiotte, warna nya ngeblend ke kulit, ringan dan glowing, tahan lama, lembab. Flower scent dan medium coverage. Spf 50+ PA++ cocok untuk indoor maupun outdoor sekalipun. Versi cushion nya ada tapi lebih mahal hehe.
  • Peripera Pearly Night Pink Cushion : ini sebenarnya sama formulanya dengan pink inklasting cushion hanya beda di case cushion yang limited edition. Pernah coba sekali karena punya temen. hehe. Glowing, ada sensasi cooling, tahan lama sampai sore, bagus, medium coverage.

"Favorite BB Cream adalah Labiotte Healthy Blossom Sun BB.

Favorite BB cushion adalah Peripera Inklasting Cushion."
Labiotte Healthy Blossom Sun BB
Peripera Pearly Night Pink Cushion (Limited Edition)
Peripera Pink Inklasting Cushion (Normal Edition)



6. PEELING / EXFOLIATOR DAN SLEEPING MASK / WASH OFF MASK
Produk yang sifatnya peeling atau exfoliator ini untuk mengangkat sel kulit mati dengan berbagai bentuk pemakaian, atau untuk membersihkan komedo membandel.
Produk Peeling / Exfoliator yang sudah dicoba :
  • Skinfood Yuja Water Vita Boosting Face Mask : versi fullsize, butiran halus tidak terasa ada scrubnya, mencerahkan wajah, lembut dan segar.
  • Skinfood Rice Mask : versi sample, butiran scrubnya halus dan efeknya brightening)
  • Skinfood Black Sugar Mask : versi sample, butiran scrubnya sedikit kasar, di wajah saya sedikit jadi merah, efeknya seger kencang dan menghaluskan kulit.
  • Neogen Bio Peel Lemon : versi sample, cocok untuk mencerahkan wajah, mengangkat sel kulit mati dan terdapat essence yang menutrisi wajah.
  • Neogen Bio Peel Green tea : versi share in jar, cocok untuk trouble skin, mengangkat sel kulit mati dan terdapat essence yang menutrisi wajah.
  • Huxley Scrub Mask : versi sample, butiran scrub lumayan halus, tapi kurang cocok untuk hasilnya.
  • COSRX One Step Moisture Up Pad : versi fullsize, melembabkan wajah, tekstur pad lebih lembut dibanding neogen bio peel, mengangkat kotoran, mild exfoliator sehingga tidak timbul iritasi, essence hyaluronic menghidrasi kulit, dan bisa untuk daily use.

Produk Sleeping Mask / Wash Off Mask yang sudah dicoba :
  • Innisfree Capsule Mask Wash Off variant kiwi : mengencangkan kulit dan menutrisi wajah.
  • Skinfood Wash Off Apple Mask : versi sample, menghidrasi, dan kulit terasa ringan.
  • Laneige Mini Pore Clay Mask : versi sample, pori-pori terasa mengecil, ada efek cooling, segar dan halus setelah pemakaian.
  • Huxley Healing Mask : versi sample, cairan hijau dan lengket, terasa kering setelah pemakaian dan tidak mengurangi redness. 
  • Laneige Water Sleeping Mask : menhidrasi kulit dan ketika pagi bangun wajah terasa segar.
  • Innisfree Jeju Volcanic Color Clay Mask - Yellow : versi fullsize, wajah terlihat cerah, segar dan lembab. Clay mask yang mengandung vit c yang menutrisi dan mencerahkan wajah.
  • Sulwhasoo Radiance Energy Mask : versi trial, ini sleep mask yang salah satu rajin dipakai karena bisa mencerahkan wajah dengan kandungan herbal yang bagus sekali untuk wajah. Harga fulsize bisa mencapai 900ribu. better beli trial aja karena masih ramah di kantong dan awet untuk pemakaian yang lama.
  • Huxley Sleep Mask Good Night : hampir sama seperti laneige water sleeping mask, untuk yang huxley ini bantu redakan redness dan ketika pagi hari kulit terasa ringan, segar dan lembut.
"Favorite Sleeping Mask adalah Huxley Sleep Mask Good Night.

Favorite Wash Off Mask adalah Innisfree Jeju Volcanic Color Clay Mask."
Huxley Sleep Mask Good Night
Innisfree Jeju Volcanic Color Clay Mask



7. SHEET MASK
Produk sheet mask digunakan sekali pakai yang fungsinya berbagai macam tergantung variant yang dipilih. Saya hanya akan sebutkan produk apa saja yang dicoba (tidak mereview 1 per 1). 

  • Innisfree It's Real Squeeze Sheet Mask
  • Nature Republic Real Nature Sheet Mask
  • Mamonde Flower Essential Sheet Mask
  • Etude Hose 0.2 Therapy Air Sheet Mask
  • Laneige Water Bank Double Gel Soothing Mask
  • Whamisa Organic Flower Hydrogel Mask
  • Missha Ice Sorbet Cooling Sheet Mask
  • Natural Pacific 100% Organic Cotton Sheet Mask



Whamisa Organic Flower Hydrogel Mask
Missha Ice Sorbet Cooling Sheet Mask


Natural Pacific Organic Cotton Sheet Mask

Yak, begitulah rangkuman produk korea yang saya pernah coba dan produk favorite masih saya pakai. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi pembaca, terimakasih kesediaan nya membaca review saya sampai selesai.

Untuk pertanyaan beli dimana produknya, sebagian nitip temen atau bisa beli ke olshop yang trusted, salah satu nya bisa kepoin ke instagram nya yeochin_shop


Bila ada pertanyaan lain, silakan di kolom komentar :)

Sumber gambar : google
Sumber materi : Review Pribadi

Comments

  1. Masalah kulit kita sama deh say 😅 kering, sensitif, bruntusan, cepat jerawatan. Ini jg lg tertarik dg skincare korea eh googling ktemu punyamu. Kyaknya bakal nyobain produk" yg kamu favoritin deh 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sis hehe makasih ud nyimak postingan yg puanjang ini.. 😊😘

      Delete
  2. say, ada recommend gak antara trial kit benton snail bee sama trial kit laneige moisturizer??
    mau coba yang kit nya dlu soalnya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Passion vs Carrier

Kisah Nyata di Riyadh : Memetik Panen dari Kesabaran

.: Review - Skincare Korea Part 1 .: