.: Review - Skincare Korea Part 1 .:


Yupz, setelah bertahun-tahun vakum dari menulis akhirnya terlaksana juga buat postingan. Kali ini saya posting tentang review skincare korea.
Sebenarnya sudah beberapa bulan lalu, mau review produk skincare dari korea. Baru ini sempet (alaseen, gomenasai.. ) Saat ini korea jadi trending yang hits dari drama, lagu sampai produk kecantikannya. 
Pertama-tama saya bahas ringkas untuk pengenalan skincare korea dari langkah pemakaian sampai brandnya.
Bagi yang awam soal produk skincare korea pasti bingung dengan step by step skincare yang lumayan ribet. (saya juga ngalamin, ahaha) Review - Skincare Korea Part 1 ini membahas step by step skincare korea, Part 2 bahas pengalaman saya mencoba beberapa produk skincare. Langsung saja ya. Kurang lebih ada 10 langkah yang kamu harus lalui dalam seminggu. Dimulai dari :


Step 1 : Oil Cleanser / Milk Cleanser/ Water Cleanser/ Balm Cleanser
Untuk step cleanser ini intinya mengangkat kotoran, polusi bahkan make up remover yang membersihkan secara menyeluruh pada kulit kamu dengan kapas / tissu. Nah, kenapa si modelnya banyak ? Banyak pilihan cleanser ini justru bisa menyesuaikan dengan jenis kulit kamu. Contoh, Water Cleanser ini tekstur nya jelas encer seperti air, ringan digunakan di kulit (lebih cocok untuk tipe kulit sensitif tapi ada juga produk water cleanser untuk oily skin). Untuk hasil bersihnya tergantung kondisi muka atau kualitas produk itu sendiri. Yang baru-baru ini rilis ada "Balm Cleanser"yang bisa digunakan untuk all skin type dari oily, dry, combi dan sensitif kulit kering atau kombinasi sebut aja ya brand nya Heimish All Clean Balm atau Banila co Clean it Zero. Hasil bersih nya awesome, bisa angkat make up sekali usap.


Banila Co Clean it zero
Heimish All Clean Balm

Yap itu penjelasan dari step 1, nah berikutnya..

Step 2 : Foam Cleanser/Facial Wash
Kalo ini jelas sudah pada tau, Foam cleanser untuk membersihkan sisa-sisa cleanser sebelum masuk ke step selanjutnya. Kenapa sudah dibersihkan cleanser tapi masih pakai facial wash ? untuk ke step selanjutnya sebaiknya keadaan muka benar-benar bersih jadi sebaiknya facial wash. Ragamnya banyak dari aloe vera untuk soothing atau lemon untuk pore. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan budget karena tiap brand punya harga yang beda. 

The Face Shop Herb Day Cleansing Foam
Nature Republic Foam Cleansing

*Step 3 : Exfoliator / Peeling ( 2 per week)
Peeling dilakukan hanya seminggu dua-tiga kali untuk oily skin sedangkan normal-dry-combi bisa 1-2 kali saja. Peeling ini terdiri scrub halus yang sangat berguna angkat sel mati di kulit wajah kamu sehingga regenerasi sel baru terlihat. Efek untuk sebagian jenis kulit akan mengalami breakout / memerah. Hal itu wajar untuk diawal pemakaian sebaiknya cek dulu peeling produk yang digunakan apakah cocok dengan kulit anda. Untuk sensitive skin, lebih selektif memilih peeling sebaiknya kandungan scrub nya tidak mengiritasi (setau saya kulit sensitif lebih aman dengan kandungan enzym tanpa scrub). 
Tonymoly Brigthening Peeling Gel
Untuk meredakan iritasi setelah peeling bisa gunakan "Aloe Vera Soothing Gel" brand apapun bisa Nature Republic, Skinfood, The Face Shop, dll. Diamkan beberapa menit lalu bilas air. 

Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel
Diperhatikan saat akan melakukan peeling kondisi wajah kamu tidak sedang masa purging atau berjerawat, tunggu wajah reda dari masa itu ya baru bisa gunakan peeling.

Step 4 : Toner
Setelah menggunakan cleanser, gunakan toner untuk menyegarkan wajah setelah dibersihkan dan membantu mempercepat proses penyerapan step selanjutnya. Jenis toner ada yang basic seperti cairan air (mamonde rose toner) atau toner essence yang cairan kental (mizon vita lemon toner). Untuk yang kental lebih lama menyerapnya diamkan sejenak dengan memberikan manfaat ekstra.
Mamonde Rose Water Toner


Step 5 : Essence
Jantung dari Skincare Korea adalah essence, hal terpenting dalam urutan skincare. Essence ini seperti Missha First Treatment Essence, Innisfree Soy Bean Essence, SK-II Facial Treatment Essence, Secret Ket Starting Treatment Essence. Produk essence mirip serum/ booster / ampoule tetapi lebih cair seperti toner basic. 

Missha First Treatment Essence

Step 6 : Serum/ Booster/ Ampoule Treatment
Produk dalam langkah ini tidak perlu setiap orang menggunakannya karena fungsinya lebih pada masalah wajah seperti fatigue skin karena stress, redness, dull skin, brown spot (tanda penuaan dini karena kekurangan collagen) dan wrinkle. Biasanya setiap serum berfungsi untuk memperbaiki salah satu masalah kulit anda.

It's Skin Power 10 Formula Ampoule


9 Wishes Perfect Ampoule Serum

Laneige White Plus Renew Spot Ampoule

*Step 7 : Sheet Mask dan Sleeping Mask (2 per week)
Sheet mask hanya untuk penggunaan sekali pakai selama 20 menit berbentuk seperti topeng, sedangkan sleeping mask berbentuk cream ringan yang digunakan selama tidur, dibilas air saat bangun pagi dan wajah terasa fresh. Sebaiknya salah satu dari produk ini dilakukan. Saat sheet mask digunakan ada sensasi relaksasi yang menenangkan (saran saya sebelum menggunakan sheet mask, simpan di lemari es beberapa menit lalu langsung gunakan sheet mask tersebut, mantaff efeknya).

Sheet Mask

Laneige Water Sleeping Mask

Step 8 : Eye Cream
Eye cream digunakan di sekitar area bawah mata. Ada yang berfungsi menghilangkan kelelahan mata, mata panda atau pun wrinkle tergantung kebutuhan. Bila merasa tidak ada masalah tersebut, ya gak perlu pakai (saran saya, eye cream biasanya ditujukan bagi yang sudah terlihat wrinkle di sekitar mata kalo masalahnya mata lelah bisa kompres dengan kapas yang diolesi aloe vera gel atau gunakan eye patch mask)


Innisfree Eco Science Eye Mask
Laneige Perfect Renew Firming Eye Cream


Step 9 : Face Cream
Face cream digunakan ketika malam atau pagi (optional) yang manfaatnya menyempurnakan dari langkah skincare sesuai masing-masing fungsi cream.


Innisfree White Tone Up Cream

Laneige Water Bank Gel Cream_EX


Step 10 : Sunscreen / Suncream
Sunscreen / suncream sudah sangat familiar untuk kalangan wanita, kegunaan untuk melindungi dari sinar uv. Aktifitas indoor bukan berarti tidak perlu suncream, tetap gunakan dengan kandungan spf rendah seperti spf +35 atau spf +28 sedangkan, aktifitas outdoor perlu spf +50.


Innisfree Eco Safety Perfect Sunblock SPF 50++


Innisfree Eco Safety No Sebum Sunblock SPF 35+

Nah, 10 langkah itu bukan berarti setiap pagi dan malam digunakan ya tetapi step by step tersebut yang perlu dilakukan selama semiggu. Untuk detail urutan akan saya perjelas :

Daily use
Morning  : beberapa urutan bisa di skip karena perawatan pagi untuk menyiapkan kulit agar terlindungi dari aktifitas selama sehari baik indoor maupun outdoor. 
Foam Cleanser / Facial Wash (step 2)  - Toner (step 4) - Essence (Step 5) - Face Cream optional (Step 9) - Sunscreen/ Suncream (Step 10) 
*Setelah itu mulai make up yang kamu gunakan.

Night : urutan cukup lengkap karena regenasi sel dan penyerapan nutrisi ke kulit lebih baik ketika tidur. 
Oil Cleanser/Balm Cleanser (Step 1) - Foam Cleanser / Facial Wash (step 2)  - Toner (step 4) - Essence (Step 5) - Serum (Step 6) - Eye Cream (Step 8) - Face Cream (Step 9)

Weekly use for night : Exfoliator/ Pelling, Sheet Mask dan Sleeping Mask, step 3 dan 7 dengan tanda (*) disisipkan saat perawatan malam. Hanya dilakukan seminggu dua kali. Saat perawatan mingguan salah satu bisa di skip sesuai kebutuhan dan budget (hehe..) 
Oil Cleanser/Balm Cleanser (Step 1) - Foam Cleanser / Facial Wash (step 2) - *Exfoliator/ Peeling (Step 3) - Toner (Step 4) - *Sheet Mask (Step 7) - Essence (Step 5) - Serum (Step 6) - Eye Cream (Step 8) - *Sleeping Mask (Step 7) - *Face Cream (Step 9) 
Note : Bila menggunakan Sleeping mask tidak perlu menggunakan face cream. Kalo skip Sleeping Mask maka gunakan Face Cream agar masing-masing bekerja lebih baik. Sheet mask optional dilakukan bisa 1-2 kali seminggu. 

*Bagi yang baru-baru penasaran tentang skincare korea, mungkin bertanya-tanya "waah panjang banget step by step, dan terlalu ribet". Awalnya saya pun berpikir begitu, tapi ternyata perubahan untuk hasil yang alami dan bagus itu memang butuh langkah panjang. Langkah instan biasanya mengandung bahan berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebelum saya coba skincare korea, saya banyak baca review produk dari beauty blogger/vlogger.
*Skincare korea biasanya mengeluarkan produk trial set agar kamu bisa mencobanya. So, gak perlu beli fullsize kok.
*Mungkin ada pertanyaan, kenapa gak coba brand lokal aja untuk skincare? Udah pake tapi gada perubahan yang nyata. Brand korea yang bagus dan alami tidak menggunakan bahan berbahaya no paraben, no animal oil, dll.
*Kenapa gak ke dokter kulit aja kan ga ribet ? masing-masing orang punya pilihan, saya lebih memilih bersusah payah cari info skincare yang cocok, yang kandungan jelas tertera, sudah diuji lab dermatologist daripada datang bolak balik ke dokter kulit.

Yapp itu review - skincare korea part 1 yang bisa saya share di blog. Selanjutnya saya akan posting dalam waktu dekat. (rencananya siy.. hahaha kumpulin bahan dulu).
Terimakasih sudah baca blog saya,  :)

Untuk pertanyaan beli dimana produknya, sebagian nitip temen atau bisa beli ke olshop yang trusted, salah satu nya bisa ke instagram yeochin_shop


Sumber : sebagian materi
Sumber gambar : google








Comments

  1. hai kak, terimaksih sudah berbagi tipsnya. berguna banget :D aku nggak pernah pakai peeling sih soalnya kulit aku sensitive. dari produk itu sih yang best-nya heimish all clean balm. nggak tahu kenapa bikin kulit aku jadi glowing hehe. aku rekomedasi in sih beli kosmetik korea di Kosmetik Korea soalnya barangnya tuh ori dan lengkap hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Passion vs Carrier

Kisah Nyata di Riyadh : Memetik Panen dari Kesabaran